CSS

Search This Blog

Di Bali, Ulat Bulu Serang 7 Kabupaten/Kota

Perlahan serangan ulat bulu terus menjalar ke berbagai daerah di Bali. Berdasarkan laporan yang diterima dinas terkait sudah tujuh kabupaten/kota dihinggapi serangga gatal ini.

“Dari pelacakan kami di lapangan, tujuh kabupaten/kota di Bali sudah ditemukan ulat bulu,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali Made Putra Suryawan di Denpasar, Rabu (13/04/2011).

Tujuh daerah tersebut yakni Buleleng, Denpasar, Jembrana, Gianyar, Karangasem, Klungkung, dan Tabanan. Sedangkan dua kabupaten yang belum ditemukan kasus ulat bulu adalah Badung dan Bangli.

Hanya saja, populasi ulat bulu di setiap daerah berbeda-beda. Seperti di Kabupaten Buleleng, terdapat 200 sampai 1.000 ekor ulat setiap pohonnya.

“Sampai saat ini, tujuh pohon mangga terserang ulat bulu yakni dua pohon di Penglatan dan lima pohon di Baktiseraga,” paparnya.

Sementara kasus ulat bulu di Kabupatyen Klungkung, menyerang lima pohon kelapa. Masing-masing pohon dihinggapi 20 ulat bulu. Kabupaten Gianyar, ditemukan 20 ekor pada setiap pohon kelapa.

Di Denpasar ulat bulu ditemukan menyerang pohon kamboja, waru, bahkan semak-semak, dengan populasi ulat bulu antara 100 sampai 1.000 ekor.

Menyusul serangan ulat bulu tersebut, Dinas Pertanian Provinsi Bali telah mengirimkan surat rekomendasi ke seluruh Dinas Pertanian se-Bali untuk tidak membunuh hewan pemakan ulat, seperti semut rangrang dan burung cerukcuk.

Meski telah menyerang ke hampir semua wilayah di Bali, namun pemerintah daerah setempat belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB).

Untuk kasus ulat bulu baru sebatas status ancaman atau waspada, karena hanya menyerang pada dedaunan saja, meskipun sudah merusak.

Hanya saja serangan yang menciptakan kerusakan itu masih terbilang kecil, yakni kurang dari 100 pohon.

Selain itu, sambung Suryawan, serangan ulat bulu di Bali juga belum sampai menganggu tingkat produksi tanaman pangan.

1 komentar:

Silahkan Isi Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.
Silakan Isi Komentar Dengan Baik Dan Bijak.

COMEN