CSS

Search This Blog

Terus Diteliti, Ulat Bulu di Bandung Skala Kecil

BANDUNG- Serangan ulat bulu di beberapa tempat di Bandung relatif masih kecil. Jenis ulat yang ditemukan juga masih dikaji kesamaannya dengan wabah ulat bulu yang terjadi di luar Jawa Barat.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Yogi Supardjo menyebutkan, temuan ulat bulu yang menyerang pohon memang terjadi di Cibolerang, Kabupaten Bandung.

Kasus terbaru, pihaknya menemukan ulat bulu yang menyerang pohon salam di Jalan Golf Arcamanik dan sebuah pohon di wilayah Geger Kalong.

"Di Bandung skalanya masih kecil. Kita sudah semprotkan pembasmi insek di lokasi. Untuk antisipasi kita juga menyemprot pohon-pohon di Kota Bandung," kata Yogi, di sela penyemprotan sejumlah pohon yang ada di taman pendopo Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/4/2011).

Ulat bulu yang ditemukan di tiga tempat tersebut, kata Yogi, jenisnya mirip Meskipun hal itu masih dikaji Balai Hama. Ditanya apakah jenis ulatnya sama dengan ulat bulu yang mewabah di beberapa tempat di Jawa Tengah, menurut Yogi, hal itu sedang dalam kajian.

"Masih dikaji di Balai Hama. Lagi diteliti," terangnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menyatakan, sudah mendapat laporan terkait adanya ulat bulu yang menyerang beberapa tempat di wilayah Jawa Barat seperti Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Bekasi.

"Masih dalam kajian Dinas Pertanian. Kita cari fenomenanya apa, anomali apa, ini yang harus diperhatikan. Bukan ulat bulunya, karena ulat bulu di setiap pohon buah pasti ada," terang Dede, secara terpisah.

Menurutnya, saat ini ulat bulu di wilayah Jawa Barat masih ditangani Dinas Pertanian. Namun jika diperlukan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan turun tangan.

"Kita kan tak bisa selalu trauma ketika melihat ulat bulu. Yang ada sekarang belum bisa disebut indikasi serangan atau ada migrasi ulat," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.
Silakan Isi Komentar Dengan Baik Dan Bijak.

COMEN