CSS

Search This Blog

Jelang Konser Besar, GIGI Tetap "Ngamen" di Mana-mana

KOMPAS.com/ATI KAMIL
Armand Maulana (kanan) dan I Dewa Gede Budjana tampil menghibur para karyawan sebuah bank di Banjarmasin (Kalimantan Selatan), 9 April 2011.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meskipun penyelenggaraan konser besar GIGI Sweet Seventeen, dalam rangka ulang tahun ke-17 GIGI, sudah relatif dekat, yaitu pada 26 Mei 2011, band tersebut masih melayani panggilan manggung di mana-mana, sesuai kontrak yang sudah mereka tandatangani. Itu, seperti diakui oleh Armand Maulana (vokal), kadang memecah konsentrasi mereka.
Menjelang konser besar Sweet Seventeen, para personel GIGI terus menyiapkan musik yang akan mereka suguhkan--membuat aransemen baru dan berlatih memainkannya. Kata Thomas kepada Kompas.com, kira-kira 40 lagu akan disajikan oleh GIGI dalam konser tersebut. "Jumlah lagunya banyak sih enggak masalah. Ngaransemennya itu," lanjutnya sembari tersenyum.
GIGI akan membuat aransemen baru untuk konser Sweet Seventeen. Apa lagi, mereka mengundang sederet bintang tamu--Addie MS; Erwin Gutawa; Andi Rianto; Tohpati; para mantan personel GIGI, yang tediri dari Aria Baron Suprayogi (gitar), Budhy Haryono (drum), Ronald Fristianto (drum), Opet Alatas (bas); serta Ari Lasso, Pasha "Ungu", Agnes Monica, Iwa K, dan DJ Riri. Untuk menjamu para bintang tamu itu, GIGI membutuhkan aransemen yang berbeda yang khas GIGI tapi tanpa membuat para bintang tamu tersebut menanggalkan karakter masing-masing.
Armand menerangkan, pendekatan GIGI untuk konser Sweet Seventeen terbalik dengan kalau mereka ambil bagian dalam konser para pemusik lain. Tanpa mengurangi rasa menghargai karakter setiap pemusik, "Untuk konser Sweet Seventeen, GIGI bikin aransemen dan mereka (para pemusik lain yang tampil) mengacu ke situ. Kalau untuk konser pemusik lain, kami mengacu ke aransemen mereka."
Tapi, di samping persiapan itu, GIGI masih menghibur publik dari pentas ke pentas yang digelar oleh pihak lain sesuai kontrak. Dalam Maret dan April 2011, contohnya, Armand, I Dewa Gede Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum), masih bermain di Jakarta (31/3), Semarang (1/4), Batam (8/4), dan Banjarmasin (9/4). Macam acara dan jenis tempatnya beragam--peluncuran sepeda motor di mal (Jakarta), pergelaran musik stasiun TV di lapangan terbuka (Semarang), pertunjukan di kafe (Batam), dan pesta karyawan bank di gedung serbaguna (Banjarmasin).
Kepada Kompas.com Armand mengaku, tetap manggung untuk acara pihak lain di sela persiapan konser Sweet Seventeen kadang membuat ia dan rekan-rekannya terganggu. "Tahu kan, GIGI kan enggak bisa diem. Untuk satu lagu bisa sampai ada empat aransemen. Kebayang kan di kepala ini penuh aransemen?" tutur Armand. "Waktu di Kelapa Gading (Jakarta, 31 Maret 2011), seharusnya vokal gue sudah masuk, nyanyi, eh telat. Gue pikir aransemennya yang itu, enggak tahunya yang dimainin (oleh Hendy, Thomas, dan Budjana) aransemen yang lain," tuturnya lagi lalu tertawa.
Armand sekaligus mewakili teman-temannya berharap, paling tidak dua minggu sebelum konser Sweet Seventeen sudah bisa berkonsentrasi untuk konser tersebut, tanpa kegiatan yang tidak berkait dengan konser itu. "Ya, semoga, dua minggu sebelum konser sudah bisa latihan bareng Addie MS, Erwin Gutawa, Andi Rianto, dan bintang-bintang tamu yang lain, khusus untuk itu," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.
Silakan Isi Komentar Dengan Baik Dan Bijak.

COMEN