CSS

Search This Blog

Cara Pasang Widget Pasang Followers di WordPress dengan Google Friend Connect


Followers di blog atau web merupakan sebuah widget yang bisa dibilang juga penting. Followers di blog atau web berguna untuk mengetahui update post bagi setiap blog yang di follow tersebut. Dengan followers, kita sebagai blogger, bisa lebih bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Biasanya pengguna Blogger.com atau biasa disebut pengguna blogspot paling banyak menggunakan widget ataupun fasilitas followers ini. Tapi sekarang tidak hanya pengguna blogspot saja yang bisa menggunakan fasilitas ini. Tadinya sih  saya juga mengira, pengguna seperti wordpress.org, joomla, drupal, dsb (blog self-hosting) tidak bisa atau tidak bisa menggunakan fasilitas followers ini. Google Friend Connect, merupakan fasilitas followers yang disediakan oleh google yang diperuntukan bagi pengguna wordpress.org, joomla, atapun yang lain yang menggunakan self-hosting. Yuk mari kita buat fasilitas followers dengan menggunakan Google Friend Connect.
Langkah untuk menggunakan Google Friend Connect bagi pemilik website atau blog dapat dibilang cukup mudah, yang secara garis besar digambarkan sebagai berikut:
Langkah-langkah berikut adalah yang saya lakukan ketika saya menggunakannya untuk blog ini.
Pertama saya masuk ke website Google Friend Connectdan harus login menggunakan Google Account. Setelah itu, saya klik link Setup a new site dan kemudian akan diberikan gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan seperti gambar di atas. Selanjutnya saya pilihContinue untuk melanjutkan. Selanjutnya masuk langkah pertama yaitu memasukkan nama situs dan URL-nya. Di sini saya masukkan Yudan Blog sebagai Site name dan http://yudan.web.id sebagai Home URL. Setelah itu saya pilih Continue.
Masuk langkah kedua, saya diminta untuk mendownload dua file yang diperlukan yaitu rpc_relay.html dan canvas.html. Kedua file ini kemudian harus saya letakkan di webserver  tempat Yudan Blog hosing dan nantinya harus dapat diakses pada alamat http://yudan.web.id/rpc_relay.html dan http://yudan.web.id/canvas.html. Untuk meletakkan dua file ini pada web server tempat blog ini saya hosting, bisa saja saya mentransfernya dengan FTP, tetapi saya memilih menggunakan fasilitas File Manager dari Cpanel. Setelah saya pastikan bahwa kedua file tersebut sudah masuk, saya klik Continue untukmasuk langkah berikutnya.
Langkah berikutnya, merupakan langkah untuk mengetes apakah kedua file yang diharuskan untuk dihosting di webserver seperti pada langkah sebelumnya benar-benar sudah dilakukan atau belum. Jika misalnya Google menyatakan belum menemukan kedua file ini, maka saya perlu mengecek ulang dan memastikan lagi kedua file ini, namun karena sudah, maka saya akan dibawa ke langkah berikutnya.
Langkah berikutnya adalah menambahkan Members gadget untuk ditampilkan di blog atau website yang didaftarkan. Ini merupakan salah satu gadget yang disediakan yang gunanya untuk menampilkan daftar anggota yang telah bergabung dan sebagai sarana pengunjung lain untuk bergabung. Jika saya menginginkan gadget lain yang akan ditampilkan, bisa saja saya memilih dari menu Social gadgets sebelah kiri, tetapi saya memang akan memilih members gadget ini yang akan ditampilkan saat ini, maka saya klik Get code for the Members gadget.
Pada langkah berikutnya untuk menambahkan Members Gadget, di sini saya perlu menentukan ukuran gadget yang akan dipasang dalam pixel. Karena saya berniat untuk memasangnya pada sidebar kanan, saya ubah ukurannya agar gadget tersebut diperkirakan akan pas untuk ditampilkan. Selain ukuran, di sini pula saya dapat menentukan warna-warna yang akan digunakan pada masing elemen-elemen Members gadget, seperti background, teks, maupun link-nya. Karena saya tidak paham dengan pewarnaan, saya terima saja warna-warna default yang diberikan. Setelah itu, saya klik tombol Generate code untuk mendapatkan kode HTML yang diperlukan untuk menambahkan Member gadget ini.
Setelah kode HTML saya dapatkan, saatnya mengedit file theme WordPress yang saya gunakan di blog ini. Untuk menambahkan di sidebar kanan, file yang perlu saya edit adalah file sidebar.php, dan ini mungkin saja akan berbeda jika saya menggunakan theme lain. Hasilnya, saat ini dapat dilihat pada sidebar.
Dapat dicoba, jika diklik pada ikon window di bagian kanan atas gadget tersebut, maka akan ditampilkan layar yang lebih lebar untuk menampilkan member yang sudah bergabung. Dari URL-nya saya melihat file yang digunakan adalah file canvas.html. Iseng saya coba edit file ini untuk menyesuaikan theme blog ini. Yang perlu saya perhatikan di sini adalah bahwa pada tiap bagian yang dimulai <!—REQUIRED sampai dengan <!–END REQUIRED—> tetap dipertahankan, begitu juga dengan style yang ada, hampir semuanya saya pertahankan.

Gadget lain yang tersedia melalui menu Social gadget diantaranya adalah Wall gadget yang memungkinkan pengunjung menambahkan komentar, link, atau video YouTube. Review/Rate gadget disediakan untuk memberikan kesempatan pengunjung memberi nilai pada suatu halaman atau objek tertentu pada halaman seperti foto atau video. Selain dua gadget ini dan beberapa gadget demo lainnya, dimungkinkan pula untuk menambahkan gadget lain dari OpenSocial developer.
Google Friend Connect untuk Blog di Blogger
Pemilik blog di Blogger atau Blogspot dapat juga menambahkan fitur sosial Friend Connect ini dengan langkah yang kurang lebih sama dengan yang saya tuliskan di atas, kecuali pada langkah kedua, pemilik blog di Blogger tidak perlu mendownload file canvas.html dan rpc_relay.html. Dan untuk menysisipkan kode yang diperlukan untuk menambahkan gadget, dapat dilakukan dengan menegedit template blog yang digunakan.
Sayangnya, karena penggunaan Google Friend Connect memerlukan langkah menempatkan dua file pada webserver juga menyisipkan kode javascript, akan sulit untuk digunakan oleh pemilik website atau blog yang tidak dihosting sendiri seperti pengguna WordPress.com, kecuali untuk pemilik blog di Blogger yang notabene milik Google juga.
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan Google Friend Connect seperti yang saya lakukan dan langkahnya telah saya tuliskan di atas?

Sumber :http://yudan.web.id/2010/09/26/pasang-followers-di-wordpress-dengan-google-friend-connect/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.
Silakan Isi Komentar Dengan Baik Dan Bijak.

COMEN